Minum Jus Buah Setiap Hari, Apakah 100% Mengurangi Risiko Penyakit?
Sumber: beautynesia.id

Health / 24 June 2023

Kalangan Sendiri

Minum Jus Buah Setiap Hari, Apakah 100% Mengurangi Risiko Penyakit?

Bella Tiurma Official Writer
1214

Minum jus buah setiap hari dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama bagi orang yang ingin memiliki hidup sehat. Dikatakan salah satu minuman sehat karena jus buah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi tubuh kita. Meskipun akan kehilangan sebagian serat jus buah mampu meningkatkan asupan nutrisi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, bahkan dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang maksimal. 

Namun, mengkonsumsi jus buah dapat dijadikan sebagai pilihan lain atau pilihan sekunder sebagai pengganti dari asupan buah utuh. Hal ini dikarenakan beberapa buah yang diubah menjadi jus akan kehilangan serat dan perubahan gula alami dari buah menjadi gula bebas. 

Di sisi lain, yang perlu diperhatikan oleh setiap orang saat mengkonsumsi jus buah adalah penggunaan pemanis tambahan akan membahayakan kesehatan metabolisme tubuh. Sehingga setiap orang perlu mengetahui bagaimana cara mengonsumsi jus buah yang tepat agar manfaat yang dirasakan dapat secara maksimal dan menyeluruh.

 

Baca Juga : Gak Pengen Jantungnya Sakit? Rajin Minum Jus Buah Yuk!

 

Berikut ini manfaat-manfaat yang dihasilkan ketika mengonsumsi jus buah. 

1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung 

Dengan aturan dan anjuran yang tepat, konsumsi jus buah secara rutin akan mendapatkan manfaat berupa asupan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan jantung. Hal ini didukung oleh sebuah Journal of the American Collage of Nutrition yang menyatakan bahwa buah dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman jus sebagai salah satu cara untuk mengurangi kadar homosistein (salah satu jenis asam amino) dan penanda stres oksidatif (senyawa penyebab radikal bebas). 

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Salah satu untuk menjaga kesehatan tulang selain berolahraga seseorang akan dengan rutin mengonsumsi jus buah. Salah satu contoh buah yang dipercaya sebagai makanan yang menyehatkan tulang adalah nanas, alpukat, dan pepaya. Hal ini dipercaya beberapa buah tersebut kaya akan kalsium yang terkandung. 

Selain itu, ada beberapa buah yang mengandung tembaga di dalam buah yang memberikan efek perlinungan bagi kesehatan tulang. Hal ini ditegaskan oleh sebuah jurnal dari Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism yang menyampaikan bahwa tembaga yang terkandung di dalam buah-buahan tersebut merupakan salah satu dari sekian banyaknya mineral yang sangat penting untuk menjaga kualitas kesehatan tulang. 

3. Menurunkan Berat Badan 

Beberapa orang yang memiliki berat badan yang berlebih, salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan mengonsumsi jus sehat yang berasal dari buah ataupun sayuran. Tetapi yang perli diingat bahwa jangan menjadikan jus sehat sebagai makanan utama. Karena jus sehat tidak memiliki kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-bari bagi tubuh manusia. 

Meskipun beberapa produk jus sehat memberikan janji akan memberikan efek turunnya berat badan. Namun, hal ini dapat terjadi hanya dalam kurun waktu yang pendek, karena jika melakukan defisit kalori yang parah dan hanya mengonsumsi jus sehat akan memberikan dampak terganggungnya metabolisme dan membuat massa otot menjadi hilang banyak. 

 

Baca Juga : 7 Jenis Jus Buah Yang Berkhasiat

 

4. Menurunkan Risiko Peradangan 

Jus buah yang dikonsumsi secara rutin tak hanya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, tetapi jus buah dipercaya mampu meredakan risiko peradangan bagi penderita rheumatoid arthritis (peradangan pada sendi), kardiovaskular (gangguan pada bagian jantung dan pembuluh darah), dan radang usus. Karena jus buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu meredakan peradangan. 

5. Melindungi Kesehatan Kulit 

Dari sekian banyak buah yang mengandung vitamin C, dimana hal ini merupakan sebuah zat antioksidan yang memiliki kemampuan untuk membuat kolagen yang diperlukan oleh kulit supaya tetap sehat. Karena kolagen akan memberikan dampak yang sangat membantu dalam menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dengan mengelastiskan kulit. 

Selain itu, vitamin C akan bermanfaat bagi kulit dalam mencegah masalah kulit dan membantu proses perbaikan kulit yang kering sebagai dampak terlalu seringnya terkena paparan sinar UV tanpa adanya pencegahan untuk melindungi kulit. 

Anda diberkati melalui artikel ini? Mari bagikan artikel ini kepada keluarga, teman-teman gereja, komunitas maupun group bertumbuh Anda agar hidup mereka ikut diberkati.

Sumber : alodokter.com | hellosehat.com
Halaman :
1

Ikuti Kami